Wilu Jeung Sumping


Free Fast Money Online

Rabu, 29 September 2010

Tips Untuk Mengendalikan Kebiasaan Berbelanja

  1. Simpan semua kartu kredit,kartu atm,buku cek, atau semua alat pembayaran ketika berbelanja.jika memang harus berbelanja,gunakan uang tunai dan bawa  uang tunai secukupnya.
  2. Jika anda melihat sesuatu yang ingin anda miliki,jangan langsung membeli saat itu juga.pergilah dan berikan diri anda sendiri waktu untuk berpikir.jika anda masih menginginkannya dalam waktu beberapa hari,maka kembalilah ke toko tadi dan belilah barang yang sangat di inginkan.
  3. Buatlah bugdet pengeluaran,buat pos "uang bersenang-senang" pada setiap bulannya dan jangan belanja apapun yang tidak ada di bugdet.
  4. Tuliskanlah apa-apa saja yang telah anda beli setiap dua minggu seperti: makanan,barang,bensin untuk mobil anda atau motor,bayaran listrik,bahkan permen sekalipun lebih baik di tulis di setiap hari.ini akan membuat anda sadar kemana perginya uang yang sudah anda dapatkan secara susah payah.mengawasi setiap pengeluaran dapat membuat anda lebih mengendalikan diri dan bijaksana dalam mengeluarkan uang.
  5. Hati-hati jika anda membeli barang ketika sedang ada diskon atau sale.tidak ada salahnya untuk membandingkan harga barang yang sama di suatu tempat dengan tempat lainnya.tujuannya untuk memastikan apakah barang yang anda beli tersebut memang benar-benar diskon.ingat diskon harus disikapi dengan bijak,bukan dengan hasrat belanja yang meluap-luap.ada beberapa toko yang "curang" dengan menaikan harga terlebih dahulu setelah itu baru diberi label diskon.kalau di hitung-hitung harganya tetap sama.
  6. Ajaklah suami,istri,anak,pacar,sodara atau siapapun asal anda ditemani,yang bisa mengingatkan anda sewaktu di tempat pusat pembelanjaan untuk tidak terus berbelanja.perlihatkan daftar belanja anda kepada orang yang menemani belanja anda supaya mengingatkan anda untuk tidak berbelanja barang-barang yang memang di luar daftar tersebut.asal jangan mengajak temen yang sama-sama shopaholic seperti anda bisa-bisa anda akan "kalap" melahap semua barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Money Signup With PTR